Uniknya Komunikasi Visual Indonesia-Amerika

gambar foto

Beginikah sikap kita terhadap pengais rezeki? Beginikah pendidikan seks Indonesia & Amerika? Kawin-cerai gampang, kalau punya uang? Benarkah Facebook itu media sosial Indonesia-Amerika?

Kita dapat mengambil pelajaran dari sejumlah "karya tulis" visual.

Anda di sini: Kuliah 3 Idiot » Ilmu Pengetahuan Umum » Panduan Menulis untuk Belajar, Berbagi, Beraksi » Penulisan Masa Kini » Uniknya Komunikasi Visual Indonesia & Amerika.

Di artikel ini kami sampaikan gambaran-awal tentang uniknya komunikasi visual Indonesia dan Amerika Serikat atau pun negeri Barat lainnya. Maksud kami adalah pembelajaran belaka, yaitu mengambil pelajaran dari pengamatan kita. Kami sama sekali tidak hendak mencari mana yang lebih buruk antara Indonesia dan Amerika atau Barat. Selamat menyimak.

Galeri Karya Tulis Visual

Disadur dari buku kuliah J. Trimbur, Call to Write 6th Ed. (Cengage Learning: 2014), chapter 1, "What Is Writing Today?", p. 3-7 | Hak cipta saduran Indonesia © 2014 Tiga Idiot

Kita hidup di suatu dunia yang dipenuhi dengan tulisan. Kalau Anda berjalan di sekitar kampus atau di jalan-jalan suatu kota besar, perhatikanlah bagaimana lingkungan bangunannya, bagaimana berbagai "karya tulis visual" dari segala jenis itu menyusun bidang pemandangan Anda. Bayangkanlah bahwa karya-karya tersebut merupakan suara-suara yang berusaha memikat perhatian Anda. Manakah yang menonjol bagi Anda? Mengapa? Bagaimanakah karya-karya tersebut saling berhubungan? Apa hubungan karya-karya itu dengan tempat-tempat penampakannya?

Berikut ini kumpulan beberapa "karya tulis visual" yang bisa kita jumpai di wilayah perkotaan Indonesia atau Amerika Serikat atau negeri Barat lainnya. Renungkanlah fungsi karya-karya tulis tersebut. Atas nama siapakah karya-karya tersebut berbicara? Jenis hubungan yang bagaimanakah yang ingin ditegakkan dengan orang-orang yang membacanya?

Beginikah Sikap Kita terhadap Pengais Rezeki?

gambar pengumuman di kampung Indonesia: Pemulung Dilarang Masuk

gambar demo membantu gelandangan

Beginikah Pendidikan Seks Indonesia & Amerika?

gambar di bagian belakang truk Indonesia: Kutunggu Jandamu

gambar poster truk Amerika

Kawin-Cerai Gampang, Kalau Punya Uang?

gambar Marhaban bikum fi Cisarua

gambar informasi perceraian dan perkawinan

Facebook: Media Sosial Indonesia-Amerika?

gambar Pesbukers produk Yahudi

gambar Ambisi Pendiri Facebook (The Social Network)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar