Siapa pun bisa menulis untuk memudahkan pencapaian tujuan hidup. Bagaimana caranya?
Di sini, kita belajar menulis untuk memahami & menyatupadukan teks-teks, menemukan & mempelajari pengetahuan baru, berbagi pengalaman, menganalisis, meyakinkan orang lain, dan lain-lain.
Anda di sini: Kuliah 3 Idiot » Ilmu Pengetahuan Umum » Panduan Menulis untuk Belajar, Berbagi, Beraksi.
Kata Pengantar: Menulis untuk Kehidupan
Diterjemahkan dari buku kuliah The McGraw-Hill Guide: Writing for College, Writing for Life, 3/e (2013), Bab 1, "Writing Goals and Objectives for College and for Life", hlm. 1 | Hak cipta terjemahan Indonesia © 2014 Tiga Idiot
Kapan pun Anda menulis, Anda berjuang untuk memenuhi suatu tujuan. Di kampus, Anda menulis makalah dan jawaban ujian esai untuk menunjukkan apa yang telah Anda pelajari dan untuk mengkomunikasikan ide-ide Anda kepada orang lain. Di luar sekolah, Anda menggunakan penulisan untuk menunaikan tugas di tempat kerja, untuk membuat suara Anda didengar di komunitas Anda, dan untuk berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarga.
Hampir semua wacana itu memiliki suatu tujuan: untuk menjelaskan, untuk memberitahu, untuk membujuk, dan lain-lain. Apa pun tujuannya, para penulis-efektif mencapai tujuan mereka.
Atas dasar itu, matakuliah Panduan Menulis ini berfokus pada retorika tentang apa yang Anda ingin capai melalui penulisan. Retorika adalah penggunaan kata-kata (baik lisan maupun tertulis) dan gambar untuk mencapai suatu tujuan.
Putusan pertama yang dibuat oleh para penulis pun bersifat retoris: Apa yang Anda harap dilakukan oleh penulisan ini bagi sekelompok pembaca tertentu (yaitu khalayak Anda) pada ruang dan waktu tertentu? Begitu Anda tentukan tujuan-tujuan Anda, Anda siap menentukan berapa banyak dan apa jenis informasi yang perlu diketahui oleh khalayak Anda secara meyakinkan. Anda pun memutuskan bagaimana menghimpun informasi ini dan bagaimana menyajikannya dalam format yang tepat. Pendekatan retoris ini berlaku pada penulisan yang Anda kerjakan dalam berbagai latar, bukan hanya di ruang kelas.
Daftar Isi: Panduan Menulis
Disusun berdasarkan buku kuliah The McGraw-Hill Guide: Writing for College, Writing for Life, 3/e (2013), dengan modifikasi di sana-sini
1. Menulis sebagai Retorika
- Penulisan Masa Kini: Apa Kabar? : [1] Uniknya Komunikasi Visual Indonesia-Amerika; [2] Etiskah Mencoreti Dinding? [3] Media Baru & Media Cetak Bersaing?
- Menulis Retoris: Pahami & Tanggapi Situasi : [1] Retorika: Manfaatkan Gambar dan Bahasa; [2] Menganalisis Situasi Retoris untuk Menulis; [3] Pertimbangkan Peluang Retoris untuk Menulis; [4] Memilih Sasaran Tulisan Retoris; [5] Tentukan Tanggapan Retoris Yang Tepat; [6] Manfaatkan Sarana Persuasi Yang Tersedia.
- Proses Menulis: Panduan Menyusun Tulisan : [1] Panduan Menyiapkan Bahan Tulisan; [2] Panduan Merancang Naskah Tulisan; [3] Panduan Merevisi Naskah Tulisan; [4] Panduan Mengedit Naskah Tulisan.
2. Menulis untuk Belajar
- Berpikir Kritis dalam Memahami Bacaan : [1] Merambah Sumber dan Berfokus pada Ide Tertentu; [2] Mengaitkan dan Merangkai Ide-ide; [3] Merambah Multisumber dan Banyak Ide; [4] Belajar Multimedia: Berpikir Kritis tentang Video Musik.
- Menulis untuk Memahami & Mensintesis Teks
- Menulis untuk Menemukan & untuk Belajar
- Manfaatkan Strategi yang Memandu Pembaca
3. Menulis untuk Berbagi
- Menulis untuk Berbagi Pengalaman
- Menulis untuk Eksplorasi
- Menulis untuk Berbagi Informasi
- Menulis untuk Menganalisis
- Manfaatkan Strategi untuk Kolaborasi
4. Menulis untuk Beraksi
- Menulis untuk Meyakinkan
- Menulis untuk Mengevaluasi
- Menulis untuk Menjelaskan Sebab-Akibat
- Menulis untuk Memecahkan Masalah
- Manfaatkan Strategi untuk Argumentasi
5. Menulis sebagai Komunikasi
- Selenggarakan Presentasi Lisan yang Efektif
- Memilih Media, Genre, dan Teknologi Komunikasi
- Manfaatkan Desain Visual untuk Komunikasi
- Cari dan Evaluasi Informasi
- Sintesiskan & Dokumentasikan Sumber Informasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar