Penulisan Masa Kini: Apa Kabar?

gambar kumpulan huruf

Bagaimana penulisan itu berlangsung nyata di masa kini?

Pada kenyataannya, baik di Barat (Amerika) maupun Indonesia, penulisan itu berkaitan dengan komunikasi visual. Sampai-sampai dipertanyakan: Etiskah mencoreti dinding? Apakah media baru dan media cetak bersaing?

Anda di sini: Kuliah 3 Idiot » Ilmu Pengetahuan Umum » Panduan Menulis untuk Belajar, Berbagi, Beraksi » Penulisan Masa Kini: Apa Kabar?

Penulisan Masa Kini

gambar kumpulan huruf

Disadur dari buku kuliah John Trimbur, Call to Write 6th Ed. (Cengage Learning: 2014), chapter 1, "What Is Writing Today?", p. 3-10 | Hak cipta saduran Indonesia © 2014 Tiga Idiot

Belajar menulis mencakup pemahaman terhadap pengalaman Anda selaku penulis dan pengetahuan tentang bentuk-bentuk dan media-media tulisan. Tujuan bab ini adalah mengenal bagaimana penulisan itu berlangsung nyata di dunia, bagaimana peredarannya di masyarakat masa kini: dalam desain dan produksi teks, dalam cetakan dan jaringan elektronik penyebaran dan penerimaannya, dan dalam lembaga-lembaga yang mengandung nilai-nilai penulisan.

Uniknya Komunikasi Visual Indonesia-Amerika

gambar foto

Beginikah sikap kita terhadap pengais rezeki? Beginikah pendidikan seks Indonesia & Amerika? Kawin-cerai gampang, kalau punya uang? Benarkah Facebook itu media sosial Indonesia-Amerika?

Kita dapat mengambil pelajaran dari sejumlah "karya tulis" visual.

Baca materi kuliah selengkapnya »

Grafiti: Etiskah Mencoreti Dinding?

gambar foto grafiti

Grafiti (corat-coret di dinding) telah menjadi tradisi kontemporer perkotaan di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Tanggapannya berlainan. Ada yang memeranginya, tapi ada pula yang memfasilitasinya. Untuk contoh, bandingkan kota Jogja (Yogyakarta) dengan Bonn (Jerman). Mana lebih etis?

Baca materi kuliah selengkapnya »

Media Baru & Media Cetak Bersaing?

gambar desain halaman-ganda majalah

Segala sesuatu di masa kini cenderung bersifat digital.

Hal ini secara dramatis memperluas kemampuan para penulis untuk menata desain halaman-halamannya dan menyisipkan berkas-berkas gambar dan tampilan-tampilan visual informasi ke dalam teks-teks cetaknya.

Baca materi kuliah selengkapnya »

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar