Menulis Retoris: Pahami & Tanggapi Situasi

gambar pegang handphone

Bagaimana retorika berperan dalam kehidupan sehari-hari?

Terlalu sering, kata retorika diartikan sebagai omong kosong belaka. Secara tersirat, itu berarti manipulasi, penipuan, atau rayuan gombal. Padahal sebenarnya, retorika dan situasi retoris tidak negatif begitu.

Anda di sini: Kuliah 3 Idiot » Ilmu Pengetahuan Umum » Panduan Menulis untuk Belajar, Berbagi, Beraksi » Menulis Retoris: Pahami & Tanggapi Situasi

Bab ini mendefinisikan retorika dan situasi retoris. Ditunjukkan pula bagaimana situasi retoris membentuk proses penulisan. Kita hendak mengembangkan keterampilan retoris masing-masing melalui materi kuliah ini, lalu kita bisa mengasahnya lebih lanjut di dunia nyata.

Pahami & Tanggapi Situasi Retoris

Disadur dari buku kuliah Cheryl Glenn, The Harbrace Guide to Writing, Concise, 2nd Edition (Wadsworth: 2012), Part 1, "Entering the Conversation: The Rhetorical Situation" | Hak cipta saduran Indonesia © 2014 Tiga Idiot

Selaku penulis atau pembicara yang bertanggungjawab, Anda perlu memahami unsur-unsur segala situasi retoris yang hendak Anda masuki. Bab ini akan membantu Anda mengenali anasir tersebut melalui langkah-langkah sebagai berikut.

  • Identifikasi peluang perubahan yang mendorong Anda untuk memasuki suatu situasi retoris. Tanyailah diri sendiri: Apa yang menyentak diriku? Mengapa aku merasa perlu bicara, menulis, memfoto, dan berbagi gambar? Sikap, pendapat, dan tindakan apa yang hendak kuubah?
  • Hubungkanlah peluang perubahan itu dengan niat Anda. Tanyailah diri sendiri: Apa yang dapat kubereskan dengan retorika? Bagaimana kata-kata dan media visual memungkinkan aku untuk menanggapi peluang ini?
  • Dengan mengetahui bahwa niat Anda tertambat pada sifat dan watak khalayak, pertimbangkanlah dengan cermat susunan khalayak tersebut: Siapa saja anggotanya? Mereka itu seperti apa? Apa saja pandangan yang mereka anut? Apa saja perasaan mereka mengenai peluang untuk memecahkan masalah ini dan membuat perubahan? Bagaimana mereka akan bereaksi terhadap pesan ini? Lain khalayak, lain pula kebutuhan dan harapan mereka yang perlu diusahakan pemenuhannya oleh penulis atau pembicara yang bertanggung jawab.
  • Apa pun bentuk penyampaiannya (lisan, tertulis, atau elektronik), Anda ingin tanggapan Anda terhadap situasi retoris itu tepat. Dengan menyesuaikan nada tanggapan Anda, Anda dapat mengendalikan sikap yang akan dimunculkan oleh khalayak yang Anda tuju. Untuk menentukan tanggapan yang tepat, Anda perlu sepenuhnya sadar bahwa Anda hanya bisa mendekati persuasi sebatas yang diizinkan oleh situasi retorisnya. Penulis atau pembicara yang bertanggung jawab takkan melakukan lebih dari itu.

gambar seseorang memegang handphone

Retorika: Manfaatkan Gambar dan Bahasa

under construction

Aristoteles telah mengajukan definisi yang diterima luas sejak 25 abad yang lalu: "Retorika adalah seni observasi dalam situasi apa pun tentang sarana-sarana persuasi yang tersedia."

Marilah kita ambil definisi ini. Marilah kita periksa unsur-unsur pembentuknya. ... (bersambung)

Menganalisis Situasi Retoris untuk Menulis

under construction

Anda menghadapi retorika dan situasi retoris setiap hari, sepanjang hari, dari berselancar di internet sendirian sampai berbincang-bincang dengan orang-orang.

Namun, Anda perlu mampu mengenali unsur-unsur situasi retoris dan kemudian menaksir kemampuan retorika Anda sendiri. ... (bersambung)

Pertimbangkan Peluang Retoris untuk Menulis

under construction

Tentukan alasan menulis: Apa sajakah peluang perubahannya melalui retorika? Dapatkanlah peluang Anda dari menyimak teks dan dari menyimak gambar.

Ciptakan atau temukan peluang retoris, baik dari dunia maya di internet maupun dari kehidupan nyata Anda sehari-hari. ... (bersambung)

Memilih Sasaran Tulisan Retoris

under construction

Perhatikanlah bahwa semua halaman di blog Kuliah 3 Idiot ini mengandung gambar dan sejumlah taut.

Memang, hanya sebagian (tidak semua) diantara Anda yang menyukai gambar dan mengklik taut. Lantas, mengapa kami di sini membiasakan diri menyajikan gambar dan taut bagi Anda? ... (bersambung)

Tentukan Tanggapan Retoris Yang Tepat

under construction

Pertimbangkan berbagai kemungkinan tanggapan Anda.

Tujuan menanggapi situasi retoris adalah menentukan tanggapan yang tepat, yaitu tanggapan verbal atau visual yang menangani masalah, disampaikan di media yang tepat dan dengan genre yang menjangkau khalayak, berhasil memuaskan khalayak yang dituju. ... (bersambung)

Manfaatkan Sarana Persuasi Yang Tersedia

under construction

Dunia retorika masa kini menawarkan banyak sekali sarana persuasi yang berpotensi efektif untuk khalayak tertentu.

Mari kita tinjau sebagian dari sarana-sarana tersebut supaya Anda dapat mengoptimalkan pilihan Anda dalam rangka menjadi penulis retoris yang sukses. ... (bersambung)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar