Berpikir Kritis dalam Memahami Bacaan

gambar perpustakaan penulis

Bagamana membaca dan berpikir kritis itu berkaitan?

Anda bisa memulainya dari eksplorasi sederhana. Untuk berpikir kritis, diperlukan sudutpandang yang banyak. Anda dapat mengaitkan ide-ide melalui proses-proses sintesis. Namun, Anda perlu memprioritaskan ide dan informasi tertentu.

Anda di sini: Kuliah 3 Idiot » Ilmu Pengetahuan Umum » Panduan Menulis untuk Belajar, Berbagi, Beraksi » Berpikir Kritis dalam Memahami Bacaan

Membaca & Berpikir Kritis

Disadur dari buku kuliah Daniel Anderson, Write Now, 1st Edition (Longman, 2012), Bab 3, "Understanding Critical Reading and Thinking" | Hak cipta saduran Indonesia © 2014 Tiga Idiot

under construction

Membaca, berpikir, dan menulis itu berkaitan. Anda mungkin telah senantiasa berpikir kritis sepanjang waktu, tetapi strategi-strategi membaca seperti mencari bukti atau mempertimbangkan sudutpandang-sudutpandang yang bersaingan bisa mengefektifkan pemikiran Anda. Apalagi kalau Anda menulis sebagai puncaknya. Menulis itu turut menyortir ide dan menjelaskan sudutpandang Anda kepada orang-orang lain.

Anda bisa memulainya dari eksplorasi sederhana. Anda dapat mensurvei ide-ide Anda sendiri mengenai topik-topik, dengan mendapatkan isi benak Anda. Anda bisa mengawalinya dengan tanggapan terhadap bacaan-bacaan, dengan mendapatkan intisari dari apa yang ditulis orang. Lantas, Anda akan mengenali unsur-unsur tertentu untuk dianalisis dengan lebih rinci.

Merambah Sumber dan Berfokus pada Ide Tertentu

under construction

Penelitian merupakan bagian dari berpikir dan membaca kritis. Membaca beberapa sumber pada suatu topik memastikan bahwa Anda memiliki latarbelakang yang dibutuhkan untuk menilai artikel-artikel yang Anda hadapi. Anda juga memperbaiki pemikiran Anda ketika Anda terjun ke dalam proses penelitian.

Anda perlu memprioritaskan ide dan informasi tertentu. Seperti menjepret foto, Anda harus memutuskan unsur-unsur mana yang dimasukkan ke dalam kerangka dan mana yang diberi fokus paling tajam. Putusan-putusan ini mensyaratkan Anda untuk mengambil kepemilikan atas ide-ide, dengan membuat penilaian melalui evaluasi.

gambar perpustakaan penulis

Mengaitkan dan Merangkai Ide-ide

under construction

Anda dapat mengaitkan ide-ide melalui proses-proses sintesis. Carilah pola-pola di dalam dan diantara sumber-sumber Anda.

Bandingkan dan lawankan ide-ide dan bacaan-bacaan. Periksalah konteks-konteks mengenai pemikiran Anda dan sumber-sumber Anda.

Merambah Multisumber dan Banyak Ide

under construction

Berpikir kritis itu meminta Anda untuk memiliki sudutpandang yang banyak. Seringkali perspektif-perspektif ini beraneka-macam. (Contohnya: pendidikan nasional mungkin memiliki masalah-masalah yang terkait dengan kelas sosial, tetapi juga terkait dengan tekanan-tinggi dan kadang-kadang dengan gender.) Membiasakan diri berpikir dengan banyak sumber itu memudahkan Anda menguasai kerumitan-kerumitan tersebut.

Belajar Multimedia: Berpikir Kritis tentang Video Musik

under construction

Melihat dari dekat dan dari jauh akan memudahkan Anda membiasakan diri berpikir dan membaca secara kritis. Ketika Anda merambah unsur-unsur budaya, Anda harus mengajukan pertanyaan dan membuat putusan mengenai kaitan-kaitan yang Anda temukan. Anda juga harus melihat dari dekat untuk memfokuskan pikiran Anda. Sewaktu Anda menganalisis, merangkum, mensintesis, mengevaluasi, dan menarik simpulan mengenai suatu topik, Anda melihat dari dekat dan dari jauh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar