Psikologi: Satu Jiwa, Seribu Perilaku, Sejuta Pikiran

gambar foto gadis cantik mau tidur

Mata kuliah Pengantar Psikologi ini tentang apa?

Matakuliah ini membuat kita lebih memahami mengapa kita dan orang-orang sekitar kita berpikiran dan berperilaku tertentu. Dengan begitu, kita pun akan lebih mampu menerapkan prinsip-prinsip psikologi umum dalam kehidupan sehari-hari.

Anda di sini: Kuliah 3 Idiot » Ilmu Pengetahuan Umum » Psikologi: Satu Jiwa, Seribu Perilaku, Sejuta Pikiran.

Psikologi Umum (atau Pengantar Psikologi) adalah matakuliah umum untuk semua jurusan di Kuliah 3 Idiot. Pengantar Psikologi kita ini terdiri dari empat unit:

  1. Psikologi Ilmiah & Biopsikologi
  2. Psikologi Pikiran
  3. Psikologi Perilaku
  4. Psikologi Terapan

Pengantar Psikologi

Disusun berdasarkan buku kuliah John Cacioppo & Laura A. Freberg, Discovering Psychology, 1/e (Cengage, 2013), dengan modifikasi di sana-sini | © 2013 Tiga Idiot

gambar foto gadis cantik mau tidur

Dengan Psikologi Umum ini, kami berupaya menyampaikan materi kuliah yang mencerminkan psikologi sebagai ilmu yang saling rujuk dengan berbagai disiplin ilmu lain. Dalam masyarakat ilmiah yang semakin didominasi oleh tim-tim antardisiplin, kita perlu memandang psikologi bukan sebagai bidang studi yang menyendiri, melainkan yang terpadu dan memadukan beraneka-macam pengetahuan untuk menjadi ilmu sejati tentang pikiran dan perilaku.

Setelah belasan tahun memasuki abad ke-21, psikologi bergerak cepat menuju kedewasaan sebagai ilmu terpadu yang multidisplin. Para psikolog bukan hanya sering bekerjasama dengan para cendekiawan dalam bidang-bidang ilmu lain, termasuk ilmu bisnis dan ilmu pendidikan. Mereka pun kembali ke gagasan pelopor psikologi yang dikemukakan oleh para pemikir seperti William James, yang memburu pemahaman yang lengkap tentang pikiran dan perilaku manusia.

Tujuan kami adalah menyajikan materi psikologi pengantar selengkap-lengkapnya dalam rangka mengarungi abad ke-21. Kami usahakan, sajian kami ini bisa menjadi jembatan yang kokoh demi tercapainya tujuan tersebut. Lebih dari itu, kami pun hendak menjadikan jembatan ini nyaman dan mudah dilewati oleh para pembaca, baik dari kalangan dosen dan mahasiswa maupun pembaca umum.

Selaku warga abad ke-21, kita perlu memahami persoalan kesehatan, manipulasi genetik, kehendak bebas, privasi, martabat manusia, kesejahteraan, dan berbagai pikiran atau perilaku kita lainnya di masa depan. Kuliah Pengantar Psikologi ini dirancang untuk menyediakan pondasi tersebut.

Psikologi Umum

Disusun berdasarkan buku kuliah Laura A. King, The Science of Psychology: An Appreciative View, 3rd Edition (McGraw-Hill Higher Education, 2014), dengan modifikasi di sana-sini

Psikologi Ilmiah & Biopsikologi

  • Kunci Sukses Studi Menurut Psikologi : [1] Manfaatkan Media Digital untuk Studi; [2] Cara Terbaik Membaca Buku Kuliah; [3] Kiat Belajar di Ruang Kelas Kuliah; [4] Cara Terbaik untuk Mengkaji Materi Kuliah; [5] Kiat Belajar Mandiri Materi Kuliah; [6] Cara Efektif Menempuh Tes Matakuliah; [7] Cara Mengatasi Masalah Menunda-nunda; [8] Kesehatan & Kebugaran dalam Perspektif Studi.
  • Psikologi sebagai Disiplin Ilmu: [1] Definisi Psikologi; [2] Evolusi Psikologi sebagai Sains; [3] Akar-akar Psikologi; [4] Pertumbuhan Psikologi; [5] Tujuh Perspektif Utama Psikologi; [6] Pentingnya Sudutpandang Yang Majemuk; [7] Bidang Pekerjaan Psikolog; [8] Cara Menerapkan Psikologi; [9] Kesehatan & Kebugaran dalam Perspektif Psikologi.
  • Berpikir Kritis dengan Psikologi Ilmiah : [1] Penelitian Ilmiah Lebih Valid daripada Intuisi & Akal Sehat; [2] Dari Sikap Ilmiah ke Berpikir Kritis; [3] Manfaat Teori bagi Psikologi; [4] Metode Penelitian Deskriptif; [5] Korelasi: Prediksi, tetapi Bukan Hubungan Sebab-Akibat; [6] Eksperimentasi: Hubungan Sebab-Akibat; [7] Statistika Sehari-hari: Menerangkan Kecenderungan & Variasi; [8] Syarat Generalisasi; [9] Bebaskah Psikologi dari Nilai-Nilai Pertimbangan? [10] Panduan Etis Penelitian terhadap Manusia & Binatang; [11] Kesehatan & Kebugaran dalam Perspektif Penelitian Psikologi.
  • Biologi Pikiran dan Perilaku
  • Penginderaan dan Pencerapan
under construction

Psikologi Pikiran

  • Keadaan Sadar
  • Pembelajaran
  • Memori
  • Berpikir, Bahasa, Kecerdasan
  • Motivasi dan Emosi
under construction

Psikologi Perilaku

  • Perkembangan Psikologis
  • Gender & Seksualitas
  • Psikologi Kepribadian
  • Psikologi Sosial
  • Psikologi Kultural
under construction

Psikologi Terapan

  • Psikologi Kesehatan
  • Kelainan Psikologis
  • Metode Terapi
  • Psikologi Keorganisasian-Industri
  • Psikologi Positif

6 komentar:

  1. Hal yang menarik sekali Psikologi memang tidak ada masa kadaluarsa, malah makin banyak dicari dan makin dibutuhkan jasa seperti Biro Psikologi di Yogyakarta.

    Terima kasih

    BalasHapus
  2. mantap buat tambah referensi nih, terima kasih

    oh iya buat tambahan ilmu psikologi kk bisa baca2 blog saya

    psikologi untuk semua

    BalasHapus
  3. bermanfaat
    http://http%3A%2F%2Fhttp%253A%252F%252Fblog.binadarma.ac.id%252Fariezaki%252F.wordpress.com.wordpress.com

    BalasHapus
  4. dapet ilmu baru. wawasan bertambah. share terus ya
    My blog

    BalasHapus
  5. bermanfaat :)

    http://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Fyantox_ska.wordpress.com

    BalasHapus