Kesehatan Mental & Manajemen Stres

gambar foto

Kesehatan mental yang bagaimanakah yang hendak kita pelajari?

Dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan "sehat mental", Anda bisa yakin apakah seseorang sungguh-sungguh mengalami depresi dan tak berdaya ataukah tidak. Anda pun dapat meredam dampak stres dalam kehidupan Anda.

Anda di sini: Kuliah 3 Idiot » Pelatihan Gayahidup Sehat » Kesehatan Umum » Kesehatan Mental & Manajemen Stres.

Kesehatan Mental & Manajemen Stres

Diterjemahkan secara bebas dari buku kuliah karya ML Teague, SLC Mackenzie, & DM Rosenthal, Your Health Today, 4th Edtion (McGraw-Hill: 2013), Chapter 2, "Mental Health and Stress" | Hak cipta terjemahan Indonesia © 2014 Tiga Idiot

Kesehatan mental meliputi beberapa aspek dari keseluruhan kesehatan dan kebugaran: emosional, psikologis, kognitif, antarpribadi, dan/atau aspek spiritual kehidupan seseorang. Ia mencakup kemampuan untuk menanggapi tantangan dengan cara-cara yang memungkinkan berlanjutnya pertumbuhan dan gerak maju kehidupan.

gambar foto

Kunci kesehatan mental dan kebahagiaan bukanlah kebebasan dari kemalangan, melainkan kemampuan untuk menanggapi kemalangan dengan cara-cara yang adaptif dan efektif. Orang yang sehat-mental mampu menghadapi tantangan-tantangan kehidupan yang tak terelakkan tanpa dibatasi atau pun dibanjiri oleh mereka.

Mayoritas orang itu sehat-mental. Namun, banyak orang mengalami kesulitan emosional atau ekonomis beberapa kali dalam kehidupan mereka. Kelainan mental itu memang lazim.

Lebih dari 26% penduduk Amerika dewasa (lebih dari 57 juta orang, atau satu diantara empat orang Amerika) dipengaruhi oleh kelainan mental yang bisa didiagnosis pada suatu tahun.

Sekitar 50 persen orang Amerika itu mengalami beberapa gejala depresi sepanjang hayat mereka. Banyak masalah kesehatan mental (sebagaimana kesehatan umum) dipicu atau diperburuk oleh stres.

Apa yang merupakan kesehatan mental?

under construction

Kesehatan mental biasanya dipandang sebagai adanya banyak kualitas positif, seperti optimisme, rasa kemanjuran-diri (self-efficacy), dan daya-kenyal (kemampuan untuk berbalik dari kemalangan).

Pendekatan tertentunya mencakup fokus psikologi positif pada "kebajikan dan kekuatan karakter", model aktualisasi diri Maslow, dan konsep kecerdasan emosional Goleman. ... (bersambung)

Bagaimana Anda menanggapi rasa kehilangan?

under construction

Wafatnya orang yang dekat dengan Anda merupakan bagian dari kehidupan, tetapi ini mewakili salah satu dari peralihan tersulit yang akan Anda hadapi dalam kehidupan. Berdukacita merupakan pengalaman yang sangat pribadi, tetapi ini jugalah yang Anda bagikan dengan orang lain di komunitas dan budaya Anda.

Berilah waktu kepada diri Anda sendiri untuk pulih dari rasa kehilangan seseorang yang Anda cintai. Carilah dukungan dari para sahabat. Kalau Anda masih merasa sedih setelah berbulan-bulan kehilangan, pertimbangkanlah untuk meminta bantuan profesional. ... (bersambung)

Bagaimana penyakit mental ditangani?

under construction

Dua pendekatan utama untuk penanganan penyakit mental adalah pengobatan medis dan psikoterapi. Keduanya efektif. Kini banyak penyakit serius dapat disembuhkan dengan obat-obatan.

Psikoterapi adalah pengobatan masalah psikologis berdasarkan perkembangan hubungan antarpribadi yang positif antara klien dan terapis. ... (bersambung)

Apa yang merupakan stres?

under construction

Stres didefinisikan sebagai keadaan umum tubuh, benak, dan emosi ketika penekan dari lingkungan memicu tanggapan stres. Ini bisa dibayangkan seperti transaksi antara individu dan penekan, yang ditengahi oleh variabel-variabel pribadi yang mencakup persepsi orang itu dan penaksiran terhadap peristiwanya.

Tanggapan stres, yang juga dikenal sebagai tanggapan melawan-atau-melayang, merupakan perubahan psikologis yang terjadi dalam tubuh dalam menghadapi ancaman. ... (bersambung)

Apa sajakah pendekatan utama untuk manajemen stres?

under construction

Stres dapat dikelola dengan menggunakan strategi pengurangan stres seperti manajemen waktu dan mendatangkan dukungan sosial.

Bisa pula stres dikelola melalui gayahidup sehat yang meliputi diet yang seimbang, olahraga, dan tidur yang mencukupi, serta menghindari konsumsi alkohol, narkoba, dan tembakau.

Selain itu, dapat pula manajemen stres itu mempraktekkan teknik-teknik relaksasi. Teknik-teknik ini meliputi pernafasan mendalam, relaksasi progresif, visualisasi, yoga, t'ai chi, biofeedback, dan afirmasi. ... (bersambung)

1 komentar: