Tantangan Kesehatan di Abad 21

gambar foto

Anda tahu kesehatan itu penting. Tapi apakah perilaku sehari-hari yang Anda pilih itu menjadikan kesehatan Anda prioritas Anda?

Perhatikan bahwa ketika Anda kurang sehat, Anda lebih berkemungkinan untuk meragukan diri Anda sendiri dan merasa terbebani oleh tugas-tugas yang bahkan sederhana.

Anda di sini: Kuliah 3 Idiot » Pelatihan Gayahidup Sehat » Kesehatan Umum » Tantangan Kesehatan di Abad 21.

Tujuan Pembelajaran

  • Mengenali dan memaparkan dimensi majemuk kesehatan
  • Membandingkan tantangan kesehatan di Amerika dan di dunia
  • Mengenali empat pilihan gayahidup yang berpengaruh besar terhadap kesehatan
  • Memberi contoh dari enam kategori penentu kesehatan
  • Memaparkan tiga model perubahan perilaku
  • Menyusun daftar tujuh langkah untuk menciptakan kontrak perubahan perilaku yang efektif

Tantangan Kesehatan di Abad 21

Diterjemahkan secara bebas dari buku kuliah karya April Lynch, Barry Elmore, dan Jerome Kotecki, Health: Making Choices for Life (Benjamin Cummings, 2014), Bab 1, "Health in the 21st Century: New Challenges, New Choices" | Hak cipta terjemahan Indonesia © 2014 Tiga Idiot

under construction

Pernahkah Anda perhatikan bahwa ketika Anda sakit, stres, atau pun sulit tidur, Anda lebih berkemungkinan untuk meragukan diri Anda sendiri, bertengkar dengan orang serumah, dan merasa terbebani oleh tugas-tugas yang bahkan sederhana? Namun ketika Anda merasa penuh dengan kekuatan dan stamina, Anda pun merasa tenang dan percaya diri. Bahkan tantangan-tantangan menakutkan (seperti mendaki gunung yang terjal atau pun memecahkan soal kalkulus yang rumit) dapat terlihat menyenangkan.

Secara naluriah, Anda tahu kesehatan itu penting. Tapi apakah perilaku sehari-hari yang Anda pilih (apa yang dimakan, berapa lama waktu tidur, apakah berolahraga, merokok, menyalahgunakan alkohol) sungguh-sungguh menjadikan kesehatan Anda prioritas Anda? Tema buku kuliah ini adalah bahwa gayahidup yang Anda pilih itu berpengaruh besar terhadap kesehatan Anda. Sebab, selama bertahun-tahun, efek kumulatif gayahidup pilihan tersebut dapat sangat meningkatkan atau pun mengurangi risiko Anda untuk menderita penyakit, luka, cacat, dan kematian dini. Kalau kesehatan itu penting, maka pilihan Anda itu juga penting.

Buku kuliah ini menyediakan fakta yang Anda butuhkan untuk mulai mengevaluasi gayahidup yang Anda pilih saat ini. Namun informasi hanyalah langkah pertama. Setiap bab akan menyajikan berbagai kiat praktis untuk meningkatkan kesehatan Anda sendiri, disamping untuk melibatkan diri dalam mempromosikan lingkungan yang lebih sehat.

Mari kita memulainya dengan merambah definisi-definisi kesehatan.

Pengertian: Kesehatan Itu Apa?

gambar dimensi-dimensi kesehatan
  • Kesehatan itu lebih dari sekadar tiadanya penyakit atau pun luka. Pada orang yang sehat, banyak dimensi kehidupan yang berfungsi secara serasi.
  • Kebugaran (wellness) adalah proses pengambilan keputusan secara aktif untuk mencapai kesehatan yang optimal.
  • Walau Anda dapat mengurangi risiko Anda terhadap masalah-masalah kesehatan, sebagian dari faktor penyebabnya tidak berada dalam kendali individu.

Tantangan Kesehatan Masa Kini

under construction
  • Empat perilaku umum yang menjadi penyebab bagi hampir semua penyakit, penderitaan, dan kematian dini yang terkait dengan penyakit kronis di Amerika Serikat adalah kurangnya aktivitas fisik, buruknya nilai gizi makanan, merokok, dan minum minuman beralkohol secara berlebihan.
  • Masalah kesehatan umum yang dihadapi oleh mahasiswa adalah stres, depresi, kecemasan, kecanduan alkohol dan rokok, dan kesehatan seksual. Diantara orang-orang Amerika yang berumur antara 15-24 tahun, penyebab utama kematian adalah kecelakaan (luka yang tak disengaja), pembunuhan, dan bunuh diri.
  • Masalah kesehatan global meliputi infeksi, kekurangan gizi, dan penyakit-penyakit yang terkait dengan kegemukan.

Penentu Kesehatan

under construction

Enam kategori utama yang paling menentukan kesehatan Anda:

  • biologi dan genetika
  • perilaku individu
  • penentu sosial
  • penentu fisik
  • pelayanan kesehatan (termasuk literasi kesehatan dan akses ke perawatan kesehatan yang berkualitas)
  • pengambilan kebijakan

Mengubah Perilaku dengan Sukses

under construction
  • Faktor pemengaruh kecenderungan, pemungkinan, dan pengukuhan dapat kesemuanya mempengaruhi keberhasilan Anda dalam melakukan dan mempertahankan perubahan perilaku yang terkait dengan kesehatan.
  • Model transteoretis perubahan-perilaku mengusulkan enam tahap yang dilalui seseorang sebelum mencapai perubahan perilaku yang berkelanjutan.
  • Model keyakinan-kesehatan mengidentifikasi empat faktor sebagai instrumen dalam memprediksi perubahan perilaku yang terkait dengan kesehatan, termasuk persepsi tentang ancaman, keparahan, manfaat, dan isyarat untuk bertindak.
  • Model ekologis perubahan-perilaku mengakui bahwa penciptaan lingkungan pendukung itu penting untuk mencapai perubahan sebagaimana penting pula pemerolehan informasi kesehatan individual dan pengembangan keterampilan pribadi.

Ubah Diri Anda, Ubah Dunia Anda

under construction
  • Sesudah mengidentifikasi perilaku terkait-kesehatan yang hendak Anda ubah, tujuh langkah untuk menerapkan perubahan itu meliputi: [1] mendapat informasi cukup; [2] menetapkan tujuan yang SMART; [3] menguraikan tujuan Anda menjadi serangkaian program kerja; [4] mengenali kendala perubahan dan bagaimana mengatasinya; [5] merekrut dukungan; [6] menjanjikan imbalan kepada diri sendiri; dan [7] berkomitmen dalam menulis.
  • Ketika Anda wujudkan program Anda dalam tindakan, kenalilah pikiran-pikiran yang merupakan bicara-sendiri yang negatif dan gantilah dengan afirmasi dan bicara-sendiri yang positif lainnya. Gunakanlah pemantauan-diri untuk melihat kemajuan Anda dalam kenyataan dan bergeraklah lebih dekat ke tujuan Anda.
  • Cegahlah kambuhnya penyakit dengan menyusun daftar lengkap berbagai faktor ekologis yang bisa memicu kambuhnya penyakit, dan kemudian dengan mengidentifikasi strategi-strategi untuk menghadapinya.
  • Advokasi dapat efektif ketika ada kendala perubahan di lingkungan sosial atau lingkungan fisik Anda, atau pun ketika ada pelayanan kesehatan atau pengambilan kebijakan yang buruk.

10 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat. Semoga kita bisa mengendalikan diri agar tetap sehat. Aamiin

    BalasHapus
  2. Kami dari team kesehatan merasa sangat bermanfaat atas informasi yang anda berikan. Baca Juga informasi dari kami di : http://www.bisikansehat.com

    Kami juga menunggu komentar anda yang relavan. Salam Bisikan Sehat

    BalasHapus
  3. terimakasih artikelnya sangat berguna sekali, ditunggu update artikel terbarunya, salam kenal.

    BalasHapus
  4. Mempunyai wajah yang cantik memang idaman setiap orang maka dari itu tak ada salahnya kita mencoba bahan alami seperti cara alami mencerahkan wajahselain wajah, rambut juga salah satu mahkota dari wanita maka di perlu sedikit perawatan silahkan anda
    selain itu anda juga bisa membaca artikel Cara merawat wajah secara alami
    nah, bagaimana jika anda ingin memutihkan gigi, gigi yang putih salah satu dambaan setiap orang silahkan baca juga Cara Alami Memutihkan Gigi untuk perawatan kulit yang cantik alami anda perlu membaca manfaat jeruk nipis bagi kulit karena kulit yang cantik pertanda dari kesehatan luar, anda juga bisa membaca artikel tentang menghilangkan jerawat yaitu
    Manfaat Alpukat untuk Wajah

    BalasHapus
  5. selain itu, mengubah perilaku saya kira juga dapat membantu mengatur waktu tidur kita

    BalasHapus
  6. mantap sekali gan...kunjungi jga... hydroc

    BalasHapus
  7. Kesehatan itu memang penting sekali.

    BalasHapus
  8. Terimakasih informasinya , bermanfaat dan sangat menarik :)


    Obat Alami Maag


    BalasHapus