Kecanduan & Penyalahgunaan Obat & Alkohol

gambar kover buku Drugs and Addictive Behaviour

Telah ada obat selama berabad-abad. Apa disalahgunakan?

Opium, alkohol, dan ganja hingga kini masih dipakai oleh banyak orang, melampaui batas-batas penggunaan aslinya. Begitu pula kopi. Walau dijual eceran secara bebas, kopi pun memenuhi semua macam definisi kata 'obat' yang tersaji di sini.

Anda di sini: Kuliah 3 Idiot » Pelatihan Gayahidup Sehat » Kesehatan Umum » Kecanduan & Penyalahgunaan Obat & Alkohol.

gambar kover buku Drugs and Addictive Behaviour

Penggunaan berbagai jenis obat telah terjadi dalam waktu yang sangat lama, bahkan mungkin sejak manusia-manusia pertama. Mereka memakan tanaman-tanaman yang tumbuh di sekitar mereka. Mereka mendapati bahwa sebagian dari tumbuh-tumbuhan itu memiliki sifat penyembuh dan bahwa sebagian lainnya membuat mereka merasa ketagihan atau kecanduan. Sejak saat itu, penggunaan obat telah menjadi gayahidup manusia.

Berbagai masyarakat memakai zat pemabuk yang berlainan, tergantung pada flora di lingkungan mereka. Beberapa dari obat ini menjadi populer, melampaui batas-batas penggunaan aslinya. Opium, alkohol, dan ganja telah dipakai selama berabad-abad dan hingga kini masih dipakai oleh banyak orang.

Begitu pula kopi. Walau dijual eceran secara bebas, kopi pun memenuhi semua (lima) macam definisi kata 'obat' yang tersaji di bab ini.

Kecanduan & Penyalahgunaan Obat

Disusun berdasarkan penggabungan dua modul dari dua buku kuliah: [1] Hamid Ghodse, Drugs and Addictive Behaviour, 4th Edition (Cambridge University Press, 2010), Chapter 1, "Drugs, Addiction and Behaviour"; dan [2] Rod Plotnik & Haig Kouyoumdjian , Introduction to Psychology, 9th Edition (Wadsworth, 2011), Module 8, "Hypnosis & Drugs"

Definisi: Kebergantungan pada Obat

under construction

Sebagai perilaku, kebergantungan pada obat itu mirip dengan perilaku berjudi secara kompulsif, yaitu lantaran dorongan yang berlebihan untuk berperilaku dengan cara tertentu.

Kita sebaiknya memahami dorongan kompulsif tersebut, dan memahami hakikat terganggunya pikiran, supaya kita lebih paham tentang kebergantungan pada obat dan tentang semua perilaku serupa lainnya.

Sebab-sebab Kecanduan Obat

under construction

Ada banyak teori tentang kebergantungan ini. Karena itu, ada banyak pula tipe-tipe perilaku mencandu.

Dalam beraneka-macam pendekatan dan model teoretis itu, tiga faktor (obat, individu, masyarakat) saling berinteraksi untuk menimbulkan perilaku yang terkait dengan kecanduan. Tak satu pun dari ketiganya ini yang memadai untuk secara sendirian menyebabkan kebergantungan pada obat.

Obat-obat Yang Membuat Ketagihan

under construction

Obat-obat yang mempengaruhi sistem syaraf dengan mengubah kesadaran, penginderaan, pencerapan, suasana hati, dan proses-proses kognitif disebut obat-obat psikoaktif.

Sebagian obat bertindak seperti kunci kimiawi yang membuka gembok-gembok kimiawi syaraf. Ada obat yang mencegah penyerapan-kembali neurotransmiter-neurotransmiter syaraf. Ada pula obat yang beraksi di pusat kesenangan yang sangat kuat di otak.

Minuman Keras & Budaya Alkoholisme

under construction

Alkohol diklasifikasikan sebagai depresan lantaran menurunkan aktivitas sistem syaraf pusat dengan jalan mensimulasi reseptor syaraf yang disebut reseptor GABA.

Penyalahgunaan alkohol merupakan kontributor utama terhadap masalah-masalah pribadi, kecelakaan lalulintas fatal, pemerkosaan, percobaan pembunuhan, pembunuhan, dan bunuh-diri.

Cara Mencegah & Mengobati Kecanduan Obat

under construction

Para peneliti mendapati bahwa program tertentu, walau populer, tidak efektif untuk mencegah penyalahgunaan alkohol.

Para peneliti mendapati bahwa tiga jenis terapi yang berlainan (kognitif, behavioral, motivasional) ternyata sama-sama efektif untuk membantu para peminum berhenti menenggak alkohol.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar