Bagaimana Faktor Ekonomi Pengaruhi Bisnis

Gambar perbandingan perekonomian yang kontras antara Korea Selatan dan Korea Utara

Keadaan dan segala perubahan pada perekonomian nasional dan global berpengaruh besar terhadap bisnis-bisnis di negara kita.

Karena itu, untuk memahami bisnis, Anda harus pula memahami dasar-dasar ilmu ekonomi. Apalagi kalah Anda ialah wisudawan baru yang hendak mencari kerja.

Anda di sini: Kuliah 3 Idiot » Manajemen Bisnis Media Internet » Pengantar Manajemen Bisnis » Bagaimana Faktor Ekonomi Pengaruhi Bisnis.

Pahami Pengaruh Ekonomi terhadap Bisnis

Diterjemahkan, disadur, dan diseleksi dari buku kuliah William G. Nickels, James M. McHugh, dan Susan M. McHugh, Business: Connecting Principles to Practice, 2nd Edition (McGraw-Hill, 2014), Chapter 2, "Understanding How Economics Affects Business" | Hak cipta terjemahan & saduran Indonesia © 2014 Tiga Idiot

Dibandingkan dengan Indonesia, Amerika Serikat merupakan negara yang relatif lebih kaya. Mengapa? Mengapa pula, seperti tergambar di bawah ini, Korea Selatan juga merupakan negara yang relatif kaya, sedangkan ekonomi Korea Utara menderita, banyak rakyatnya kelaparan?

Gambar perbandingan perekonomian yang kontras antara Korea Selatan dan Korea Utara

Pertanyaan semacam itu merupakan bagian dari bidang studi ilmu ekonomi. Di bab ini, kita merambah berbagai sistem ekonomi dunia, cara-cara bagaimana mereka melejitkan atau pun menghambat pertumbuhan bisnis, penciptaan kekayaan, dan kualitas kehidupan yang lebih tinggi bagi semuanya.

Salah satu bagian dari kesuksesan bisnis Amerika Serikat di masa lalu adalah lantaran suasana sosial-ekonominya yang memungkinkan hampir semua bisnis beroperasi dengan bebas. Orang-orangnya bebas untuk memulai bisnis di mana pun, sebagaimana bebas untuk jatuh dan bangun lagi. Kebebasan itu memotivasi orang-orang untuk mencoba sampai mereka sukses karena imbalannya seringkali besar sekali.

Segala perubahan pada sistem ekonomi atau pun politik suatu negara berpengaruh besar terhadap kesuksesan sistem bisnisnya. Contohnya, meningkatnya keterlibatan pemerintah Amerika Serikat dalam bisnis, baru-baru ini, akan memiliki efek ekonomik. Namun, apakah efeknya akan berlangsung lama, kita tunggu saja.

Perekonomian global dan politik global juga berpengaruh besar terhadap bisnis di negara kita. Karena itu, untuk memahami bisnis, Anda harus pula memahami dasar-dasar ilmu politik dan ilmu ekonomi. Apalagi kalah Anda ialah wisudawan baru yang hendak mencari kerja.

Bagaimana Kondisi Ekonomi Pengaruhi Bisnis

under construction

Apa yang merupakan ilmu ekonomi?

Ilmu Ekonomi adalah kajian tentang bagaimana masyarakat memilih mengerahkan sumberdaya untuk menghasilkan barang dan jasa dan menyebarkannya untuk konsumsi di kalangan berbagai kelompok dan individu yang bersaingan.

Apa saja dua cabang utama ilmu ekonomi?

Dua cabang besar ilmu ekonomi adalah [1] Ilmu Ekonomi Makro: mengkaji ekonomi suatu negara sebagai suatu keseutuhan; [2] Ilmu Ekonomi Makro: mengkaji perilaku orang-orang dan organisasi-organisasi pada pasar-pasar tertentu (umpamanya: mengapa orang-orang membeli mobil-mobil yang lebih kecil ketika harga bensin naik).

Bagaimana kita bisa yakin memiliki sumberdaya yang cukup?

Ilmu Pembangunan Sumberdaya adalah kajian tentang bagaimana meningkatkan sumberdaya-sumberdaya dan menciptakan kondisi-kondisi yang akan menjadikan penggunaannya lebih baik.

Bagaimana kapitalisme menciptakan suasana pertumbuhan ekonomi?

Dalam kapitalisme, para pengusaha tidak sering berusaha membantu orang lain dengan sengaja; mereka bekerja terutama demi kemakmuran dan perkembangan mereka sendiri. Namun, upaya orang-orang untuk mengembangkan situasi mereka sendiri itu seperti "tangan tak terlihat" (invisible hand) yang membantu pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran melalui produksi barang, jasa, dan ide yang dibutuhkan.

Memahami Kapitalisme Pasar-Bebas

under construction

Apa yang merupakan kapitalisme?

Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi yang di dalamnya, semua atau hampir semua sarana produksi dan distribusi dimiliki secara swasta dan dijalankan demi laba.

Siapa memutuskan apa yang diproduksi di negara-negara kapitalis?

Di negara-negara kapitalis, para pengusaha memutuskan apa yang diproduksi, berapa banyak membayar buruh, dan berapa besar harga barang dan jasa. Mereka juga memutuskan apakah memproduksi barang tertentu di negara tertentu, mengimpor barang itu, ataukah membuatnya di negara lain.

Apa sajakah hak asasi orang-orang menurut kapitalisme?

Empat hak asasi menurut kapitalisme: (1) hak untuk memiliki properti pribadi, (2) hak untuk berbisnis dan meraup laba bisnis sesudah dipajaki, (3) hak kebebasan untuk bersaing, dan (4) hak kebebasan untuk memilih. Presiden Franklin D. Roosevelt merasa bahwa kebebasan ekonomik pun penting: hak kebebasan berbicara dan berekspresi, hak beribadah dengan cara Anda sendiri, dan kebebasan dari rasa takut dan dari rasa dikejar-kejar.

Bagaimana pasar-bebas bekerja?

Pasar-bebas adalah pasar yang di dalamnya, para pembeli dan penjual yang saling menawar harga barang dan jasa mempengaruhi putusan-putusan mengenai apa yang diproduksi dan berapa banyak produksinya. Putusan-putusan pembeli di pasar memberitahu para penjual apa dan berapa banyak yang perlu diproduksi. Bila para pembeli meminta barang lebih banyak, harganya naik, yang merupakan sinyal bagi para penyedia untuk memproduksi lebih banyak. Semakin tinggi harga, semakin banyak barang dan jasa yang mau diproduksi oleh para penyedia. Harga merupakan mekanisme yang memungkinkan bekerjanya pasar-bebas.

Memahami Sosialisme & Komunisme

under construction

Apa yang merupakan sosialisme?

Sosialisme adalah suatu sistem ekonomi yang didasarkan pada premis bahwa sebagian bisnis seharusnya dimiliki oleh pemerintah.

Apa keunggulan dan kelemahan sosialisme?

Sosialisme dimaksudkan untuk menciptakan lebih banyak kesetaraan sosial. Pada pekerja di negara sosialis biasanya menerima pendidikan, perawatan kesehatan, dan pelayanan lainnya dan juga bekerja dengan jam kerja yang lebih sedikit dan dengan hari libur yang lebih banyak. Kelemahan utama sosialisme adalah bahwa ini mengurangi insentif untuk memulai bisnis atau pun untuk bekerja keras. Ekonomi sosialis cenderung memiliki angka pengangguran yang lebih tinggi dan angka pertumbuhan yang lebih lambat daripada ekonomi kapitalis.

Bagaimana sosialisme berbeda dari komunisme?

Dalam komunisme, pemerintah memiliki hampir semua fasilitas produksi utama dan mendikte apa yang diproduksi dan siapa yang memproduksinya. Komunisme itu juga lebih membatasi kebebasan pribadi, termasuk kebebasan beragama.

Kecenderungan Menuju Ekonomi Campuran

under construction

Apa yang merupakan ekonomi campuran?

Ekonomi campuran itu sebagian kapitalis dan sebagian sosialis. Sebagian bisnis dimiliki oleh swasta, tetapi pajak cenderung tinggi untuk mendistribusikan pendapatan dengan lebih merasa di kalangan penduduk.

Negara mana sajakah yang memiliki ekonomi campuran?

Amerika Serikat memiliki ekonomi campuran. Begitu pula hampir semua negara industri lainnya.

Apa keunggulan ekonomi campuran?

Ekonomi campuran memiliki hampir semua manfaat penciptaan kekayaan yang dibawa oleh pasar-bebas, ditambah manfaat dari kesetaraan sosial yang lebih besar dan kepedulian akan lingkungan yang dijanjikan oleh sosialisme.

Sistem Ekonomi Indonesia pada Kenyataannya

under construction

Apa sajakah kunci indikator ekonomi negara Indonesia?

Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product = GDP) adalah nilai total dari barang dan jasa final yang diproduksi di suatu negara dalam suatu tahun. Angka pengangguran mengacu pada persentase warganegara usia tertentu (misalnya, 16 tahun ke atas) yang tidak bekerja dan berusaha mencari kerja dalam waktu tertentu (misalnya, empat pekan terakhir). Indeks Harga Konsumen (Consumer Price Index) mengukur perubahan harga sejumlah (misalnya, 400) barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen.

Apa sajakah empat tahap daur bisnis?

Dalam ledakan ekonomi (economic boom), bisnis-bisnis berjalan dengan baik. Resesi terjadi manakala dua triwulan (atau lebih) menunjukkan bahwa GDP menurun, harga-harga jatuh, orang-orang membeli lebih sedikit produk, dan bisnis-bisnis gagal. Depresi adalah resesi yang parah. Pemulihan (recovery) terjadi bila ekonomi menjadi stabil dan mulai tumbuh.

Apa yang merupakan kebijakan fiskal?

Kebijakan fiskal terdidi dari upaya pemerintah untuk menjaga kestabilan ekonomi dengan meningkatkan atau mengurangi pajak atau pun pengeluaran pemerintah.

Apa pentingnya kebijakan moneter untuk perekonomian?

Kebijakan moneter adalah manajemen suplai uang dan tingkat bunga. Bila uang yang disimpan terlalu banyak, Bank Indonesia dapat menempatkan uang lebih banyak ke dalam perekonomian dan mengurangi tingkat bunga. Maksudnya adalah untuk mempercepat laju ekonomi karena bisnis-bisnis meminjam dan membelanjakan uang lebih banyak dan mempekerjakan lebih banyak orang.

2 komentar: