Bisnis: Kekuatan Penggerak Perubahan

gambar kover buku Business

Apa yang merupakan bisnis? Bagaimana laba dicetak? Bagaimana bisnis dapat menguntungkan masyarakat? Apa yang merupakan sumber-sumber kekayaan? Kekuatan-kekuatan utama apa yang mempengaruhi berjalannya perusahaan & pengusaha?

Semua pertanyaan semacam itu terjawab di sini.

Anda di sini: Kuliah 3 Idiot » Manajemen Bisnis Industri Kreatif » Pengantar Manajemen Bisnis » Bisnis: Kekuatan Penggerak Perubahan.

under construction

Di bab ini, akan kita pelajari bagaimana bisnis menguntungkan masyarakat, bagaimana organisasi laba dan nirlaba berbeda, bagaimana penjualan barang dan jasa menghasilkan pemasukan dan laba, dan bagaimana berkembangnya ekonomi suatu negara.

Kita pun mempertimbangkan bagaimana pengusaha mengambil risiko dan bagaimana faktor-faktor produksi merupakan blok-blok pembangun kekayaan. Berikutnya, kita perhatikan lingkungan bisnis. Akhirnya, kami sajikan Tujuh Kunci Sukses Bisnis.

Bisnis: Kekuatan Penggerak Perubahan

Diterjemahkan dan diseleksi dari buku kuliah BK Williams, SC Sawyer, dan Susan Berston, Business: A Practical Introduction (Prentice Hall, 2013), Chapter 1, "Starting Out: Business: The Driving Force of Change" | Hak cipta terjemahan Indonesia © 2013 Tiga Idiot

Bisnis & Laba: Landasan Kekayaan

Kalau saya tidak bekerja untuk organisasi laba, masih dapatkah saya menerapkan keterampilan bisnis yang saya pelajari?

under construction

Terdapat dua tipe organisasi [laba dan nirlaba], dan materi kuliah bisnis bisa diterapkan pada keduanya. Organisasi laba hanyalah bisnis, suatu organisasi yang dibentuk untuk mendapatkan uang, atau laba, dengan menjual barang dan jasa. Organisasi nirlaba dirancang untuk lebih menyediakan produk atau jasa bagi klien daripada mencetak laba bagi pemilik dan pengelola.

Bagaimana bisnis itu sungguh-sungguh menghasilkan uang?

Bisnis dijalankan dalam rangka mencetak laba dengan menjual barang (produk-produk yang kelihatan nyata) dan jasa (produk-produk yang tidak terlihat nyata). Tujuan aktivitas penjualan adalah menghasilkan pemasukan, jumlah total uang yang dihasilkan dari penjualan selama periode tertentu. Sesudah pemasukan itu dikurangi dengan biaya gaji dan pengeluaran lainnya untuk bisnis tersebut, sang pemilik akan tahu apakah bisnisnya mencetak laba ataukah menelan kerugian (bila pengeluarannya lebih besar daripada pemasukannya).

Bisnis Dermawan: Manfaat Selain Uang

Bagaimana bisnis dapat membuat orang-orang menjadi hidup dengan lebih baik?

under construction

Bisnis dapat membantu masyarakat dengan memperkaya kualitas hidup orang-orang, ungkapan kesejahteraan umum masyarakat sebagaimana diukur dengan standar hidup, kebebasan, kebahagiaan, seni, kesehatan lingkungan, dan inovasi. Standar hidup didefinisikan dengan berapa banyak barang dan jasa dapat dibeli oleh orang-orang dengan uang yang mereka punyai. Bisnis ternyata memberi kontribusi kepada standar hidup, disamping kepada kehidupan yang panjang dan sehat serta kepada akses terhadap pengetahuan.

Apa sajakah empat cara bisnis yang dapat menguntungkan masyarakat?

Bisnis itu menguntungkan masyarakat dengan [1] memproduksi barang dan jasa; [2] menyediakan pembayaran dan manfaat bagi pekerja; [3] membayar pajak untuk mendukung pelayanan pemerintahan; dan [4] menyumbang dana, barang, dan jasa untuk urusan-urusan komunitas.

Kreativitas Bisnis: Wirausaha & Faktor Produksi

Bagaimana orang-orang terkaya mendapat uang mereka?

under construction

Hampir semua hartawan merupakan wirausaha pemilik bisnis. Untuk menjadi kaya, mempekerjakan diri sendiri lebih berpeluang daripada menjadi orang yang digaji.

Manakah yang lebih berisiko: menjadi pengusaha ataukah menjadi pegawai yang digaji?

Risiko adalah kemungkinan bahwa pemilik bisnis bisa menginvestasikan waktu dan uang dan gagal untuk mencetak laba. Mengambil risiko adalah yang dilakukan oleh wirausaha, orang-orang yang melihat peluang baru untuk produk atau jasa dan merisikokan waktu dan uang mereka untuk memulai bisnis. Sebagian wirausaha memandang bahwa pekerja gajian lebih berisiko karena mereka hanya memiliki satu sumber pendapatan, sedangkan wirausaha seringkali memiliki beberapa sumber pendapatan.

Apa sajakah faktor-faktor produksi?

Kekayaan diciptakan dari faktor-faktor produksi, yang terdiri dari sumberdaya alam, sumberdaya kapital, sumberdaya manusia, dan kewirausahaan. Sebagian orang juga menambahkan pengetahuan. Sumberdaya alam terdiri dari masukan-masukan produksi yang berguna sebagaimana kemunculannya di alam. Kapital meliputi bangunan, mesin, peralatan, dan teknologi yang dipakai untuk menyediakan barang dan jasa. Sumberdaya manusia terdiri dari tenaga kerja, kontribusi fisik dan intelektual dari para pegawai perusahaan. Kewirausahaan adalah proses pengambilan risiko dalam upaya menciptakan usaha baru. Pengetahuan, yang mungkin merupakan faktor kelima, telah direvolusi oleh komputer, telekomunikasi, dan basis-basis data.

Lingkungan Bisnis: Kekuatan yang Mendorong & Menghambat Kewirausahaan

Bagaimana kebebasan dan regulasi mempengaruhi bisnis?

under construction

Besarnya kebebasan yang diizinkan oleh pemerintah kepada orang-orang untuk menjalankan bisnis mereka dan besarnya pembatasan yang pemerintah terapkan kepada para pengusaha dapat mempengaruhi perpajakan, pengukuhan kontrak, dan korupsi.

Apakah teknologi dapat mengembangkan dan sekaligus menghambat produktivitas?

Ya. Teknologi, baik digital maupun lainnya, bisa berpengaruh positif (meningkatkan produktivitas) dan negatif (mengganggu keamanan perusahaan).

Apakah persaingan dapat membuat perbedaan dalam hal bagaimana konsumen, pegawai, dan investor bisa dipengaruhi?

Ya. Adanya dan tiadanya pesaing dapat menentukan besarnya upaya perusahaan yang hendak dijalankan untuk memuaskan konsumen, pegawai, dan investor.

Bagaimana kekuatan global mempengaruhi bisnis?

Kekuatan global dapat mempengaruhi perdagangan antarnegara dan stabilitas negara-negara.

Akankah orang-orang dari latarbelakang yang berlainan mempengaruhi bagaimana bisnis dijalankan?

Ya. Demografi suatu negera, yaitu karakteristik penduduk yang bisa diukur, dapat mengubah kebutuhan konsumen disamping mengubah lowongan kerja perusahaan untuk mendapatkan pegawai-pegawai.***

1 komentar:

  1. terimakasih untuk tulisannya, ini merukan inspirasi dan juga motivasi buat saya yang beru terjuan ke dunia bisnis. salam kenal.

    BalasHapus