Kelihaian Otak Kreatif Anda

gambar foto

Tahukah Anda apa alat pembuka kunci kekuatan unik Anda?

Jikalau Anda memiliki kelihaian mental untuk pergi ke mana pun Anda memilih, Anda takkan enggan untuk melangkah keluar dari zona nyaman Anda. Anda pun akan percaya diri: kelenturan Anda akan memberikan lebih banyak kekuatan dan pilihan.

Anda di sini: Kuliah 3 Idiot » Ilmu Pengetahuan Umum / Manajemen Bisnis Industri Kreatif » Pengantar Seni, Menulis, dan Kreativitas » Pakai Otak Kreatif di Dunia Nyata » 7 Kelihaian Otak Kreatif Anda.

"Kebahagiaan tidak terletak pada sekadar memiliki uang; kebahagiaan terletak pada nikmatnya pencapaian, dalam gairah upaya kreatif." --Franklin Delano Roosevelt

7 Kelihaian Otak Kreatif

Diterjemahkan dari beberapa paragraf di buku kuliah Shelley Carson, Your Creative Brain (Harvard Health Publications, 2010), Bab 13, "Applying the Brainsets to Real-World Creativity" | Hak cipta terjemahan Indonesia © 2014 Tiga Idiot

Bila memiliki kelihaian mental untuk pergi ke mana pun Anda memilih, Anda takkan enggan untuk melangkah keluar dari zona nyaman Anda. Selain itu, Anda akan percaya diri bahwa kelenturan Anda akan memberikan lebih banyak kekuatan dan pilihan kepada otak kreatif Anda. Ketika Anda beranjak maju, Anda akan bisa memakai setiap perangkat-otak ini (bisa digunakan secara bersamaan) sebagai alat untuk membuka kunci kekuatan unik Anda.

Kelihaian mental yang merupakan perangkat-otak itu meliputi tujuh macam:

gambar foto gadis cantik di dalam kereta Tram

1. Absorb (Penampungan)

Dengan menggunakan perangkat penampungan ini, Anda membuka benak Anda terhadap ide-ide dan pengalaman-pengalaman baru. Anda menjadi lebih peka terhadap informasi yang datang melalui indera-indera Anda dari lingkungan dan terhadap informasi yang memproses pikiran Anda sendiri (biasanya secara bawah-sadar). Anda memandang dunia Anda dengan cara yang tidak menghakimi; segala sesuatu menggairahkan Anda dan menarik perhatian Anda. Selain itu, Anda pun terbuka terhadap wawasan-wawasan dan pengalaman "aha!" yang telah melahirkan banyak ide kreatif di masa lalu.

2. Envision (Pembayangan)

Inilah perangkat-otak imajinasi. Dengan memakai perangkat pembayangan ini, Anda berpikir secara visual dan dengan indera-indera Anda, bukannya secara verbal. Anda bisa melihat dan memanipulai obyek-obyek di panggung benak Anda. Selain itu, Anda pun menggunakan format mental "bagaimana kalau" untuk membayangkan bukan hanya bagaimana benda-benda itu apa adanya, melainkan juga bagaimana benda-benda itu bisa menjadi sesuatu yang lain.

3. Connect (Pengaitan)

Inilah perangkat-otak untuk proses berpikir majemuk. Dengan perangkat ini, Anda melahirkan solusi majemuk tanpa-sensor terhadap masalah yang ujung-ujungnya terbuka. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk melihat pengaitan antara obyek-obyek atau konsep-konsep yang pada dasar memang berlainan. Lantaran mampu menggabungkan dan menggabungkan kembali cuilan-cuilan informasi ke dalam ide-ide baru yang berfaedah, perangkat ini bisa menjadi salah satu alat yang paling bermanfaat dalam kotak-alat otak kreatif Anda. Kemampuan untuk melahirkan solusi yang majemuk itu digabungkan dengan suatu ayunan-naik dalam emosi positif yang juga menyodorkan insentif dan motivasi untuk mempertahankan minat Anda dalam proyek kreatif Anda.

4. Reason (Penalaran)

Dengan perangkat-otak penalaran, secara sadar Anda memanipulasi informasi di memori-aktif Anda untuk memecahkan masalah dengan cara logis dan urut. Anda dapat memakai perangkat ini untuk melahirkan ide-ide atau untuk merencanakan dan membuat putusan-putusan mengenai bagaimana mewujudkan ide. Meskipun metode coba-dan-coba-lagi pada perangkat-otak ini bisa lebih lambat dan lebih membutuhkan ikhtiar daripada ide-ide dari perangkat penampungan, pembayangan, atau pun pengaitan, ide-ide yang dilahirkan dari penalaran itu berpotensi untuk menjadi kreatif pula. Inilah perangkat yang dipakai oleh Thomas Edison ketika menemukan bola lampu listrik. Charles Darwin, yang jelas-jelas dianggap sebagai salah satu pemikir yang paling kreatif dalam sejarah, juga menulis tentang perkembangan konsepnya mengenai asal-usul spesies, dengan metode coba-dan-coba-lagi. Bahkan Bob Newhart, akuntan yang "banting setir" menjadi pelawak dan aktor pemenang penghargaan, pada mulanya bekerja dengan perangkat-otak ini.

5. Evaluate (Penilaian)

Inilah keadaan ketika secara sadar Anda menilai ide, konsep, produk, perilaku, atau pun individu. Inilah "mata tajam" analisis mental. Ini perlu untuk menentukan ide-ide kreatif Anda yang manakah yang layak ditindaklanjuti, dan untuk secara konstan memantau proyek-proyek kreatif Anda untuk memastikan bahwa mereka memenuhi kriteria kegunaan dan ketepatan.

6. Transform (Pengalihan)

Dalam keadaan otak begini, Anda mendapati diri Anda sendiri berada dalam keadaan sadar-diri dan berpikiran kecewa (atau bahkan sedih). Ada banyak penulis, seniman, musisi, atau pun ilmuwan yang sangat kreatif itu mengalihkan energi negatif mereka menjadi karya hebat dan kinerja hebat. Walaupun hati Anda cemas atau pun terluka, Anda juga termotivasi untuk mengungkap kecemasan atau luka tersebut dalam bentuk kreatif. Begitu pula harapan-harapan yang kita miliki sebagai bagian dari pengalaman manusia.

7. Stream (Pengaliran)

Inilah keadaan otak mengalir, ketika pikiran dan tindakan Anda mulai mengalir dalam suatu rangkaian yang senantiasa serasi, seolah-olah merupakan suatu orkestra yang dipimpin oleh kekuatan luar. Dengan perangkat-otak ini, Anda berimprovisasi untuk menghasilkan materi-materi kreatif, seperti improvisasi jazz, menulis narasi (seperti dalam novel atau pun cerita pendek), memahat atau pun melukis, dan menguak temuan ilmiah.

1 komentar:

  1. Perangkat kreatif manakah yang terlukis dalam gambar?

    BalasHapus