Kunci Sukses Studi Menurut Psikologi

gambar foto Belajar Bersama Kelompok di Perpustakaan

Mengapa kita manfaatkan psikologi untuk belajar?

Belajar psikologi adalah untuk kehidupan kita, bukan sekadar untuk lulus dan mendapatkan nilai baik di matakuliah ini. Gunanya bukan hanya dalam mempelajari materi kuliah psikologi, melainkan juga matakuliah-matakuliah kita lainnya!

Anda di sini: Kuliah 3 Idiot » Ilmu Pengetahuan Umum » Psikologi Umum » Kunci Sukses Studi Menurut Psikologi.

gambar kover buku Psychology: a journey 5e

Psikologi Studi

Disadur dari buku kuliah Dennis Coon & John O. Mitterer, Psychology: A Journey, 5th Edition (Wadsworth, 2014), "Introduction: The Psychology of Studying - Reflective Learning" | Hak cipta saduran Indonesia © 2014 Tiga Idiot

Membaca tidaklah sama dengan belajar. Bahkan kalau pun Anda pembelajar hebat, Anda masih bisa meningkatkan keterampilan studi.

gambar foto Belajar Bersama Kelompok di Perpustakaan

Mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi tinggi (dalam studi akadademisnya) cenderung bekerja dengan lebih cerdas, bukan sekadar lebih lama atau pun lebih keras. Bahkan walau ujiannya sudah lama berlalu, mereka juga cenderung memahami dan mengingat lebih banyak apa yang telah mereka pelajari.

Manfaatkan Media Digital untuk Studi

under construction

Media digital menawarkan cara lain untuk lebih reflektif. Ada banyak sekali informasi yang relevan dengan materi kuliah kita.

Akan tetapi, perlu kita sadari bahwa tidak semua informasi itu akurat. Jadi, kita perlu memperlakukan semua media digital, termasuk internet, dengan dosis skeptisisme yang sehat.

Cara Terbaik Membaca Buku Kuliah

under construction

Membaca secara reflektif, dengan berpikir secara aktif mengenai apa yang sedang dibaca, lebih baik daripada secara pasif.

Salah satu cara terbaik untuk menjadi pembaca yang lebih aktif adalah mengikuti enam langkah reflektif metode SQ4R: Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review.

Kiat Belajar di Ruang Kelas Kuliah

under construction

Pembelajaran reflektif di ruang kelas kuliah melibatkan proses mendengar secara aktif.

Salah satu cara efektif untuk menjadi pendengar yang lebih aktif di ruang kelas adalah mengikuti lima langkah metode LISAN: Lead and don't follow, Ideas, Signal words, Actively listen, Note taking.

Cara Terbaik untuk Mengkaji Materi Kuliah

under construction

Para pembelajar yang baik ternyata menekankan kualitas pengkajian. Mereka mengkaji materi kuliah sedalam-dalamnya.

Pengkajian reflektif meliputi pengkajian di tempat yang spesifik, menggunakan sesi studi yang berjeda, mencoba mnemonik, menguji diri-sendiri, dan belajar lebih.

Kiat Belajar Mandiri Materi Kuliah

under construction

Dalam mempelajari materi Kuliah 3 Idiot di sini, mungkin Anda melakukannya secara mandiri. Mungkin pula Anda alami tantangan tersendiri.

Untuk mengatasi berbagai tantangan itu, tersedia beberapa kiat belajar mandiri dari psikologi.

Cara Efektif Menempuh Tes Matakuliah

under construction

Ujian dan berbagai tes merupakan bagian penting dari studi.

Berbagai panduan tersedia untuk secara umum meningkatkan keterampilan penempuhan ujian. Strategi yang lebih khas tersedia untuk masalah yang lebih spesifik: tes obyektif, tes esai, dan tes jawaban singkat.

Cara Mengatasi Masalah Menunda-nunda

under construction

Penunda-nundaan merupakan masalah penting yang menimpa banyak orang. Bagaimana mengatasinya?

Ada beberapa cara efektif untuk mengatasinya. Masalah penunda-nundaan dapat diatasi melalui manajemen waktu, penetapan tujuan, dan petualangan pembelajaran.

Kesehatan & Kebugaran dalam Perspektif Studi

under construction

Kebugaran itu bermakna menentukan pilihan-pilihan yang sehat dan mencapai keseimbangan.

Kebugaran meliputi manajemen stres, menjaga kesegaran tubuh, mempertahankan kesehatan seksual, dan mengambil sikap yang tepat terhadap alkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar